Monday, July 29, 2013

JUAL KERTAS LABEL FOR BARCODE PRINTER


Label Barcode
Sebuah kode batang atau kode palang (barcode) adalah suatu kumpulan data optik yang di baca mesin. Sebenarnya, kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D (1 dimensi). Tetapi juga memiliki bentuk persegi, titik, heksagon dan bentuk geometri lainnya di dalam gambar yang disebut kode matriks atau simbologi 2D (2 dimensi). Selain tak ada garis, sistem 2D sering juga disebut sebagai kode batang.
Penggunaan awal kode batang adalah untuk mengotomatiskan sistem pemeriksaan di swalayan, tugas dimana mereka semua menjadi universal saat ini. Penggunaannya telah menyebar ke berbagai kegunaan lain juga, tugas yang secara umum disebut sebagai Auto ID Data Capture (AIDC). Sistem terbaru, seperti RFID, berusaha sejajar di pasaran AIDC, tapi kesederhanaan, universalitas dan harga rendah kode batang telah membatasi peran sistem-sistem baru ini. 
Kode batang dapat dibaca oleh Pemindai Optik  yang disebut Pembaca Kode Batang atau dipindai dari sebuah gambar oleh perangkat lunak khusus.

Kategori Berdasarkan Kegunaan

Terdapat 6 kategori barcode berdasarkan kegunaannya, yaitu:
  1. Barcode untuk keperluan retail. Barcode untuk keperluan retail, salah satu contohnya adalah UPC (Universal Price Codes), biasanya digunakan untuk keperluan produk yang dijual di supermarket.
  2. Barcode untuk keperluan packaging. Barcode untuk packaging biasanya digunakan untuk pengiriman barang, dan salah satunya adalah barcode tipe ITF.
  3. Barcode untuk penerbitan. Barcode untuk keperluan penerbitan, sering digunakan pada penerbitan suatu produk, misalkan barcode yang menunjukkan ISSN suatu buku.
  4. Barcode untuk keperluan farmasi. Barcode untuk keperluan farmasi biasanya digunakan untuk identifikasi suatu produk obat-obatan. Salah satu barcode farmasi adalah barcode jenis HIBC.
  5. Barcode untuk keperluan non retail. Barcode untuk kepentingan non retail, misalkan barcode untuk pelabelan buku-buku yang ada di perpustakaan. Salah satu tipe barcode untuk keperluan non retail ini adalah Code 39.
  6. Barcode untuk keperluan lain.

Keuntungan menggunakan kode Batang

  • Proses Input Data lebih cepat, karena : Kode batang Scanner dapat membaca / merekam data lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses input data secara manual.
  • Proses Input Data lebih tepat, karena : Teknologi Kode batang mempunyai ketepatan yang tinggi dalam pencarian data.
  • Proses Input lebih akurat mencari data, karena : Teknologi Kode batang mempunyai akurasi dan ketelitian yang sangat tinggi.
  • Mengurangi Biaya, karena dapat mengindari kerugian dari kesalahan pencatatan data, dan mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual secara berulang-ulang.
  • Peningkatan Kinerja Manajemen, karena dengan data yang lebih cepat, tepat dan akurat maka pengambilan keputusan oleh manajemen akan jauh lebih baik dan lebih tepat, yang nantinya akan sangat berpengaruh dalam menentukan kebijakan perusahaan.
  • Kemampuan bersaing dengan perusahaan saingan / kompetitor akan lebih terjaga.

Tips Memilih Label Barcode

Setahu saya kalau orang baru mau pakai printer barcode pasti bingung kalau menentukan ukuran label dan bahan label yang dia perlukan. Menurut saya anda harus meminta nasihat dari penjual printernya. Tapi mungkin tips dari saya ini dapatlah sekiranya membantu anda.

1.  Menentukan ukuran label
Mungkin anda bisa coba minta dicetakin label barcode contoh yang isinya sesuai dengan design dari anda, nanti di software barcode bawaan printernya bisa dikira-kira lebar dan tinggi label barcode yang anda butuhkan. Atau apabila anda sudah punya software barcode bisa mencoba-coba sendiri. Lah softwarenya dapat darimana? download aja yang trial juga gpp. kenapa harus dicoba-coba dulu bikin barcode nya? soalnya lebar barcode ga bisa dilebarin atau disempitin sedikit2 sesuai kemauan kita seperti kalau kita design font, mengatur lebar barcode ada aturan sendiri, hanya software barcode yg bisa melakukan itu.

2. Menentukan bahan label dan ribbon
Bahan label biasanya disesuaikan dengan kebutuhan kita, untuk apa label barcode tersebut, seperti apa lingkungan dan kondisi barcode tersebut diletakkan.  Bila label barcode diletakkan di ruang yang dingin seperti cold storage misalnya perusahaan pengalengan ikan  atau udang, label barcode yang digunakan yaitu bisa jenis label thermal. kok label thermal? Label thermal yaitu label yang pada proses cetaknya tidak perlu ribbon. Label thermal seperti kertas fax, jadi dipanaskan saja sudah membekas hitam. Label thermal tidak tahan apabila lingkungan panas,  akan tetapi label thermal akan tahan lama apabila disimpan pada suhu dingin seperti cold storage.
Apabila anda memerlukan label yang tidak bisa disobek, anda bisa menggunakan label jenis YUPO. Kalau anda menggunakan label jenis YUPO, berarti anda harus menggunakan ribbon jenis wax resin atau resin.
Apabila anda memerlukan label biasa saja, anda hanya butuh label jenis semicoated dengan ribbon wax aja sudah cukup, tapi bila anda tidak ingin hasil cetakannya mudah hilang apabila kena gesekan, anda harus menggunakan ribbon jenis wax resin.
Sebenarnya masih banyak lagi jenis label untuk printer barcode, sebaiknya anda kalau membeli printer barcode harus minta advice dari penjualnya kira2 menggunakan label dan ribbon jenis apa. Apa printer barcode hanya bisa cetak di label/sticker saja?  tidak. Printer barcode dapat mencetak pada bermacam-macam bahan, seperti karton, plastik dll.
Catatan: tiap printer barcode punya ketentuan berapa tinggi minimal label barcode. Ini harus dipenuhi, kalau tidak dipenuhi sensor printer barcode tidak bisa mendeteksi gap/blackmark label barcode.

Berikut Kami Sertakan beberapa contoh Label untuk printer Barcode :



BARCODE LABEL 33X15MM - 1 COLUMN


Vendor : Semicoated PaperKategori : Sticker LabelsHarga : Rp. 150,000.00 33x15mm barcode label untuk Thermal Transfer printing. 1 line, 2,000pcs/roll. Core 1 inch. Gulung luar. 10 roll/pack (20,000)






PREMIUM BARCODE LABEL 100X152MM (4X6INCHI)



Vendor : Semicoated PaperKategori : Sticker LabelsHarga : Rp. 125.000,00 104x75mm (4x5inch) barcode label untuk Thermal Transfer printing. 1 line, 1,000pcs/roll. Core 1 inch. Gulung luar.  Label dijual per box (6 roll x 1,000pcs = 6.000pcs

BARCODE LABEL 33X15MM - 3 COLUMN

Vendor : Semicoated Paper
Kategori : Sticker LabelsHarga : Rp. 80,000.00
33x15mm barcode label untuk Thermal Transfer printing. 3 line, 12,000pcs/roll. Core 1 inch. Gulung luar. 10roll/pack (120,000pcs)





Paket Label Sato ( 2 Label + 1 Ribbon )

Untuk Tipe Paket ini Biasa di pakai untuk
Printer Barcode Jenis Sato dan Zebra

Dengan Ukuran Label 33x15 dan Ukuran Ribbon 85x100




Untuk pemesanan dan info lebih lanjut bisa menghubungi kami di :

INDONESIANBARCODE

Semarang
Jl. Kapas Utara Raya F.822 Genuk Indah Semarang Kode Pos 50114
Telepon :(024) 6582457, (024) 70040030,
(024) 40047909, 081225172388
Pin BB: 226E4B30

Surabaya
Jl. Griya Asri Laguna Pakuwon City P4/37 Surabaya
Telepon : (031)33525377


Harga Rp. 150.000,-


Paket Label Postek ( 2 Label + 1 Ribbon )



Untuk Tipe Paket ini Biasa di pakai untuk
Printer Barcode Jenis Postek C168

Dengan Ukuran label 33x18 BlackMark dan
Ribbon Ukuran 110x300






Untuk pemesanan dan info lebih lanjut bisa menghubungi kami di :
INDONESIANBARCODE

Semarang
Jl. Kapas Utara Raya F.822 Genuk Indah Semarang Kode Pos 50114
Telepon :(024) 6582457, (024) 70040030,
(024) 40047909, 081225172388
Pin BB: 226E4B30
Surabaya
Jl. Griya Asri Laguna Pakuwon City P4/37 Surabaya
Telepon : (031)33525377


Harga Rp. 650.000,-












No comments: